21 Agt 2011

TANEM SAHAM

Beberapa bulan terakhir ini..
Youth di gereja gue mulai mengalami perubahan, Tuhan membawa kita ke dimensi yang jauh lebih dalam yang sesuai dengan apa yang Tuhan ingin lakukan bagi kami dan bagi gereja ini.
Tapi dalam menjalani hal ini, seakan - akan rasanya gue enggak sanggup. Enggak kuat!
Jujur, rasanya enggak mau! Semuanya udah pewe.
Siapa juga yang mau dengan senang hati zona nyamanya di usik.
Siapa juga yang suka dengan sebuah perubahan, kondisi udah nyaman. Kita udah enak menjalani ibadah dengan rules sperti ini, jadwal pertemuan - pertemuan yang sperti ini kita udah cocok banget sama jadwal gw. Kenapa harus diubah??

Tapi satu hal yang gw percaya, kalo setiap perubahan VISI MISI yang Tuhan berikan semua pasti ada TUJUAN dan RENCANA Tuhan yang INDAH. Mungkin awalnya kita enggak ngerti dengan apa yang Tuhan rencanakan, tapi dengan berjalannya waktu cepat atau lambat Tuhan akan membuat kita mengerti dengan rencanaNya. DIA yang akan membantu memberi kekuatan kepada kita untuk dapat melihat bahwa janjiNya adalah NYATA!

Di awal - awal perubahan, Tuhan mengajarkan kami semua tentang MENANAM SAHAM
Apa maksud dari menanam saham ini?

Tahap pertama yang Tuhan ajarkan :

Menanam saham melalui doa, pujian dan penyembahan buat tempat dimana kita berdiri.
Contohnya kita mendoakan tempat dimana kita pelayanan supaya hadirat Tuhan yang begitu luar biasa bisa memenuhi seluruh ruangan dan menyentuh setiap hati.

Gue mau berbagi kisah sedikit, terkadang anak - anak Tuhan yang sudah menjadi pelayan Tuhan akan peka akan keadaan atmosfer tempat dimana dia beribadah. Itu juga yang terjadi pada diri gw beberapa bulan terakhir ini, tempat dimana gw pelayanan dan beribadah atmosfer nya tidak menentu. Terkadang hadirat Tuhan sangat kuat dan kadang hadirat Tuhan rasanya sepertinya tidak ada. Bagaimana perasaaan kalian kalo kalian yang ada disana?
Itu tempat kalian pelayanan, itu juga tempat kalian beribadah juga setiap minggu. Dan keadaannya menjadi seperti itu. SEDIH dan BERTANYA - TANYA mungkin itu udah pasti 'kenapa sperti ini Tuhan?'
Mungkin kita juga bertanya, 'Tuhan apa yang bisa aku lakukan? Kenapa seperti ini? 'aku enggak mau seperti ini, aku mau hadirat Tuhan pekat di tempat ini'
Ternyata jawaban Tuhan adalah hal yang simple, kawan. DIA menjawab seperti ini : " Apa yang kamu telah mengerti untuk mendatangkan hadiratKu? "
dan gue jawab : " doa meminta hadirat Tuhan untuk memenuhi tempat ini, mengibarkan panji - panjiMu, memuji dan menyembahMu,Tuhan " dan jawaban Tuhan : " lakukanlah hal apa yang telah kau mengerti "
Tuhan selalu mengajarkan kita terlebih dahulu tentang sesuatu hal untuk kita memberkati tempat lain atau sahabat kita. Dan setelah kita mengerti dan melakukannya, orang - orang yang berada di sekitar kita akan memahami akan hal itu. Segala sesuatu yang berasal daripadaNya diberikan kepada kita untuk memberkati orang lain.

Tahap kedua yang Tuhan ajarkan :

Menanam saham untuk membangun hubungan dengan orang lain.
Mungkin kita bertanya - tanya, " lho kenapa harus membangun hubungan?"
gw pernah dapet pengertian seperti ini dari gembala gw : dalam tahun - tahun sekarang ini, anak - anak muda hidup secara individualisme. Mereka punya sahabat, tapi apakah kalian tahu siapa sahabat mereka? sahabat mereka ya blackberry mereka, ipad, ipod mereka. Mereka enggak punya sahabat yang sesungguhnya atau jangan - jangan meski mereka kristen tapi mereka belum pernah merasakan kasih Tuhan itu sperti apa.

Oh ya, dan akhirnya saat itu pikiran gw mulai terbuka. Mereka memerlukan kasih Tuhan yang sungguh NYATA dalam hidup mereka. Kita yang udah sering dan banyak merasakan kasih Tuhan perlu membagikan kasih kita kepada mereka.kita enggak boleh egois, apa yang kita udah dapet dari Tuhan hrus kita bagiin buat orang laen. YA YA YA gw mengerti inilah waktunya buat kita menyebarkan kasih Tuhan kepada mereka.

Lalu bagaimana caranya???
Mulai membangun hubungan dengan acara nonton bareng, olahraga bareng ato cuma sekedar nongkrong bareng sambil makan. Keliatannya memang cupu, enggak asik ahh.. Mending gw pegi sama temen - temen gw sendiri aja daripada harus kenalan sama orang baru dan bangun hubungan sama mereka ( pikiran ini juga pernah muncul di otak gw koq) tapi ini adalah pikiran yang SALAH!
Acara mungkin memang cupu, biasa! biasa buanget ...
Tapi makna di balik acara itu, membangun sebuah hubungan dengan mereka yang memerlukan kasih Tuhan.
Membangun hubungan merupakan salah satu cara kita menanam benih kasih Tuhan di hati mereka.
Olahraga, nonton film ato makan - makannya cuma media buat ngajak mereka.
Bayangkan teman, jika 1 orang bertobat karena kita membangun hubungan dengan mereka sebagai sahabat mereka yang slalu mendengarkan keluh kesah mereka, memberi solusi akan masalah mereka dan mengenalkan Tuhan kepada mereka apa yang terjadi di surga, apa yang terjadi dengan Tuhan?
seisi surga akan bersorak - sorai dan Tuhan akan tersenyum melihat perbuatanmu.
WOHOOO.. betapa bahagianya surga melihat hasil pekerjaanmu.

Maka, janganlah lelah untuk terus menanam saham. Meski keadaan terlihat sangat sulit dan kau seperti berjalan sendiri. Tenanglah kawan, Tuhan tak akan membiarkan engkau berjalan sendiri, Dia yang akan menemanimu dan mengirimkan orang - orang untuk mendukungmu. Dan Tuhan akan tersenyum karna perbuatanmu..

God bless .. ^^