4 Okt 2011

my final project chapter 1 :)

A. Latar Belakang

Indonesia dikenal dengan kekayaan alamnya yang beraneka ragam. Kekayaan ini terdiri atas flora, fauna, bahan – bahan mineral, gas alam dan lain – lain yang terdapat baik di darat maupun di laut. Sebagian dari kekayaan alam tersebut sering dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satunya adalah tumbuh – tumbuhan yang digunakan sebagai obat.

Pemanfaatan tanaman sebagai bahan obat tradisional pada saat ini terus meningkat. Hal ini disebabkan oleh adanya anggapan dari sebagian besar masyarakat bahwa efek samping yang ditimbulkan oleh tanaman obat tersebut tidak berbahaya, sehingga timbulah pemikiran dari masyarakat untuk kembali ke cara alamiah dengan memanfaatkan tanaman obat sebagai salah satu alternatif untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.

Pada umumnya masyarakat dalam mengobati penyakit infeksi sering menggunakan antibiotik.Namun pemakaian antibiotik secara berlebihan dan kurang terarah dapat mengakibatkan terjadinya resistensi. Dengan timbulnya resistensi pada beberapa antibiotik tertentu, dapat menyebabkan kegagalan dalam penanggulangan berbagai jenis penyakit infeksi. Obat tradisonal hingga saat ini masih dianggap sebagai obat pilihan bagi masyarakat menengah kebawah dalam pencegahan dan pengobatan penyakit infeksi. Oleh karena itu pada penelitian uji aktivitas antimikroba dari ekstrak buah belimbing yang dilakukan secara invitro, diharapkan dapat memberikan informasi tentang manfaat buah belimbing dan sebagai dasar untuk pengembangan obat tradisional dimasa mendatang (2).

Salah satu jenis tanaman yang berkhasiat obat adalah tanaman belimbing manis (Avverhoa carambola )dari suku Oxalidaceae. Buah belimbing merupakan buah yang banyak tumbuh di daerah Asia Tenggara, khususnya Malaysia dan Indonesia. Buah belimbing yang rasanya asam, manis dan sifatnya yang netral memiliki khasiat antiradang, antioksidan, peluruh urin (diuretik), dan meningkatkan keluarnya liur. Belimbing digunakan untuk membantu pengobatan tekanan darah tinggi (hipertensi), batuk,radang usus, tenggorokan sakit dan bengkak, haus, sakit gigi, kaki edema (bengkak air), sukar kencing, pembesaran limpa akibat penyakit malaria,pelembut kulit dan wasir (1).

Radang Usus adalah suatu penyakit yang kemungkinan dapat disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit. Radang usus yang disebabkan oleh bakteri biasanya berasal dari bakteri Eschericia coli dengan gejala yang muncul adalah diare (Agnes 2006;Ismailfahmi,2006). Efek farmakologis dari buah belimbing manis ini kemungkinan disebabkan oleh salah satu atau gabungan beberapa senyawa kimia yang terkandung didalamnya seperti : senyawa golongan flavonoid, alkaloid, saponin, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, serta vitamin A,B1 dan vitamin C (Wiryowidagdo dan Sitanggang 2002) (3).

Telah dilakukan penelitian terhadap belimbing wuluh oleh Cristina Setypa (4) yaitu tentang uji daya antibakteri perasaan buah dan ekstrak etanol daun belimbing wuluh terhadap bakteri gram positif dan gram negatif secara in vitro. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin menguji aktivitas daya antimikroba dari ekstrak buah belimbing manis terhadap bakteri gram positif (Staphylococcus aureus dan Bacillus subtilis), gram negatif (Eschericia coli dan Salmonella typii) dan khamir (Candida albicans) secara in vitro.

B. Perumusan Masalah

Ekstrak buah belimbing manis (Avverhoa carambola) dapat berefek sebagai antimikroba terhadap bakteri gram positif (Staphylococcus aureus dan Bacillus subtilis), bakteri gram negatif (Eschericia coli dan Salmonella typii ), khamir ( Candida albicans) secara in vitro.

C. Tujuan Penelitian

Mengetahui aktivitas antimikroba ekstrak buah belimbing manis (Avverhoa carambola) terhadap bakteri gram positif (Staphylococcus aureus dan Bacillus subtilis),bakteri gram negatif (Eschericia coli dan Salmonella typii), khamir (Candida albicans) secara in vitro.

D. Manfaat Penelitian

1. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan informasi mengenai aktivitas antimikroba dari ekstrak buah belimbing manis (Avverhoa carambola).

2. Hasil penelitian diharapkan memberikan alternatif pengobatan kepada masyarakat di samping obat modern yang ada.

Adakah yang mendoakanmu

Disaat hatimu gelisah, dan engkau sedang menghadapi pergumulan hidup, yang dimana kau hanya bisa berdoa, sampai mencucurkan air mata, karena begitu beratnya masalah yang menimpa dirimu, tapi kau merasa bahwa doamu itu tak cukup. Lalu, pernahkah engkau berpikir bahwa adakah seseorang yang mendoakanmu ? Yang peduli akan dirimu ?

Tuhan menciptakan kita bukan untuk bersedih di dunia ini. Bilamana engkau sedang menghadapi suatu cobaan hidup, Ia memberikan jamahanNya kepadamu. Bisa saja jawaban itu melalui sahabat2mu, kekasihmu, keluargamu ataupun orang lain yang sama sekali tidak kau kenal. Tuhan mengenali diri kita lebih baik, daripada kita yang mengenali diri kita sendiri. Dia tahu apa yang kau butuhkan, dan jauh sebelumnya, Ia sudah menyiapkannya bagimu. Ia menghendaki rencana dan rancangan yang terindah bagi dirimu. Ia memberikan seseorang untuk mendoakanmu.

Lalu engkau bertanya : "Siapakah yang mendoakanku?" Ya.... engkau pasti tak tahu siapakah orang itu. Tapi percayalah pasti ada yang mendoakanmu. Bisa saja engkau didoakan oleh sahabat yang sangat mengasihimu, oleh keluarga yang sangat menyayangimu, atau bisa juga oleh seseorang yang menyukai dirimu.

Sahabatku, apabila kita mendoakan seseorang, itu artinya kita sudah memberikan kasih kepadanya. Karena doa itu adalah kasih yang tidak terlihat bagi dunia yang terlihat. Ingatlah, kasih itu tidak memegahkan diri, menutupi segala sesuatu dan mengharapkan segala sesuatu. Jika kita sedang mendoakan seseorang, doakanlah orang itu dengan sungguh dan harapkanlah segala sesuatu yang terbaik baginya, dan janganlah doamu itu diketahui oleh siapapun. Jadi, mulai sekarang doakanlah setiap orang yang sedang membutuhkan jamahan Tuhan terhadap dirinya, doakanlah seseorang yang engkau cintai dan sayangi. Dan jangan lupa! doakan juga musuhmu, karena doa itu mengungkapkan maksud Tuhan yang tersembunyi.

Doa merupakan cara termudah buat kita mengirim harapan kita kepada Tuhan buat orang yang kita sayangi, dan indahnya berbagi harapan untuk orang – orang terkasih. Suatu saat nanti, engkau akan menemukan siapakah yang slalu setia mendoakanmu.

With love ..

devimel

nice story !

story 1 : LOVE OR LOAN

Love or Loan,,wow..sangat beda tipis dalam penulisan nya,sama” diawali dengan huruf “LO”.tapi jika diartikan kedalam bahasa indonesaia,dua kata ini sangat memiliki arti yang jauh berbeda.Love itu kasih bisa disebut juga cinta,apalagi yang sedang jatuh cinta pasti tau apa itu Love.Dan Loan itu adalah pinjaman,Loan itu sejenis pinjaman yang kita tau kita harus mengembalikan nya.tetapi jika kita berbicara tentang love,kita tau kita melakukan itu dengan ikhlas,dengan rela hati,dengan ketulusan,dengan tanpa mengharapkan apa” tanpa mengharapkan itu kembali.


Soo,,jika kalian bilang ke pacar kalian atau istri or suami mungkin bagi yang sudah berkeluarga,kalian berkata kepada pasangan anda. I Love U,atau ak mengasihimu.tapi setelah ditengah jalan ditengah hubungan kalian yang sedang mesra”nya terjadi salah paham,ribut” ad pertengakaran ditengah hubungan kalian,atau ada konflik ad masalah dalam berpacaran atau berkeluarga,lalu kalian mulai mengungkit” hal” baik yang telah kalian lakukan,lalu mulai bicara,aku kan udah ngasih ini ke kamu,ak kan uda ngasih itu ke kamu…wow…menurut saya anda tidak benar” mengatakan Love kepada pasangan anda,atau kalian membangun hubungan kalian dengan kata “LOAN”.karena Love tidak pernah mengharapkan imbalan,Love itu tulus ikhlas,tanpa syarat/term and condition.


Dalam semua hal dikehidupan ini kita harus belajar membedakan LOAN dengan LOVE.saya yakin 100% semua hal yang anda lakukan dengan LOVE,anda akan merasakan damai,kebahagian,sesuatu hal yang tak terduga.semua hal” yang positif itu semua yang akan terjadi.Karena sekali lagi,LOVE itu berbicara mengenai Kasih,mengenai ketulusan,kerelaan hati tanpa mengharapkan sesuatu.
Jangan pernah berkata kepada siapa pun tentang LOVE tanpa anda mengerti apa itu arti LOVE yang sesungguhnya.Mulailah bangun semua hal dihidupmu dengan LOVE,dan tebarkan lah LOVE untuk orang” sekitarmu untuk orang” yang engkau kasihi :) Gbu.
KISAH PARA RASUL 13 : 47

Write by : Steven OT

story 2 : PENYESALAN YANG SIA-SIA

Penyesalan yang sia”,apa sih penyesalan yang sia” itu?penyesalan itu ad banyak hal,salah satu contoh “saya menyesal karna tidak belajar tadi malam,dan akhirnya hasil ujian saya buruk.atau saya menyesal karna sudah tidur terlalu larut sehingga saya tidak focus saat bekerja atau disekolah.well,,itu adalah salah satu contoh dari begitu banyak arti penyesalan dalam hidup ini.dan itu salah satu contoh yang baik seandainya kita menyesal dan memulai sesuatu yang baru”


Tapi ada juga penyesalan yang sia” seperti yang saya bahas diatas dan judul artikel saya.apa sih penyeselan yang sia”,yang saya maksudkan disini adalah,rasa penyesalan yang keluar dari dalam hati,dan kita berpikir terkadang masa lalu itu lebih baik,atau hal yang tidak jadi kita lakukan dimasa lalu itu lebih baik.tapi tanpa kita sadari penyesalan seperti ini membuat kita menjadi orang yang gagal dan membuat kita tidak bisa maju,karna kita melihat ke belakang bukan ke depan.


saya ambil contoh dari kehidupan pribadi saya yang dulu,saya pernah melakukan penyesalan yang sia” dihidup saya yang dulu.satu ketika perusahaan saya bekerja sedang mengalami krisis keuangan dimana saya dihadapkan dua pilihan,apakah saya stay untuk tetap mendukung perusahaan atau saya memilih pekerjaan yang lebih baik?dan pada saat itu saya dihadapkan pilihan yang membuat saya bimbang,satu posisi,atasan saya membutuhkan saya,diposisi lain pekerjaan dengan salary yg lebih tinggi perusahaan yang aman sedang menunggu.tapi saya memilih untuk stay ditempat saya bekerja.sampai pada akhirny perusahaan kembali normal,dan beberapa bulan kemudian tibalah kenaikan gaji,dan ternyata gaji saya naik jauh lebih kecil dari yang dulu perusahaan lain tawarkan disaat perusahaan sedang krisis,saya marah,saya menyesal ambil keputusan yang salah.sampai akhirnya itu semua mengganggu performa kerja saya dikantor,saya selalu memikirkan masa lalu.dan tanpa saya sadari juga semua itu terbawa dikehidupan saya diluar kantor,saya jadi orang yang mood”an,gampang marah,semua hal yang negative.tapi satu titik,saya merasa ad yang menggugah hati saya,yang bahkan saya sudah tau dia lama,tapi saya gak belajar mengenal pribadinya,tapi bersyukur saya boleh diubahkan oleh sosok Jesus dalam hidup saya yang membuat saya sekarang jadi orang yang baru.sehingga saya mengerti apa itu arti bersyukur dalam hidup ini.saya belajar satu hal ini.


dari semua cerita saya di atas saya belajar satu hal.bahwa rasa penyesalan itu terkadang membuat kita jatuh dikehidupan yang sia”,semua hal yang positif dihidup kita bisa berubah karna 1hal “PENYESALAN YANG SIA-SIA” . dan saya sekarang belajar bahwa dengan tidak adanya rasa penyesalan dihidup kita,kita terkadang bisa menjadi orang yang selalu bergerak maju.kita gak perlu lihat masa lalu.karena masa lalu adalah sesuatu hal yang harusnya jadi pelajaran buat kita supaya ke depan nya kita tidak mengulang kesalahan yang sama.banyak lagi hal” tentang penyesalan yang sia-sia.contoh lain lagi,aduhhhh coba saya gak pacaran sama dia pasti saya bisa dapat yang lebih kaya,lebih ganteng,lebih cantik,lebih segalanya,dan itu membuat kita lupa bahwa pasangan kita itu sebenarnya sudah baik.kenapa sih kita bisa merasakan hal penyesalan yang seperti itu,Cuma satu,karena kita selalu melihat ke atas,karena kita selalu melihat yang lebih baik,bukan melihat kebawah,bukan melihat banyak orang yang lebih sulit merasakan hidup ini disbanding kita.melihat ke atas itu bagus,melihat yg lebih baik itu bagus,untuk memotivasi kita supaya kita bisa lebih baik.tapi tidak semua hal bisa kita lihat ke atas,belajar jadi orang yang bijak.tapi inti dari semuanya adalah supaya kita semua dapat membuang hal” yang membuat penyesalan yang sia” itu dari dalam hidup kita,dari pola pikir kita,dari hati kita,maka jika rasa penyesalan yang sia” itu sudah tidak ada,maka di hidup kita akan menciptakan rasa bersyukur setiap saat.rasa sukacita yang luar biasa dalam menjalani hidup,dan selalu ada hal” baru,

Stop melakukan rasa penyesalan yang sia” dihidupmu.karena banyak hal” yang tak terduga di hidup kita yang akan terjadi,soo tetap andalkan Tuhan Jesus dalam hidupmu,dalam hal apa pun berharap pada Tuhan,karena segala yang kita miliki Cuma berasal dari Tuhan Jesus kristus pencipta kita,raja kita,bapa kita,sahabat kita,Thanks for Jesus Christ.Gbu all.
MAZMUR 11 : 7

Write by : Steven OT

21 Agt 2011

TANEM SAHAM

Beberapa bulan terakhir ini..
Youth di gereja gue mulai mengalami perubahan, Tuhan membawa kita ke dimensi yang jauh lebih dalam yang sesuai dengan apa yang Tuhan ingin lakukan bagi kami dan bagi gereja ini.
Tapi dalam menjalani hal ini, seakan - akan rasanya gue enggak sanggup. Enggak kuat!
Jujur, rasanya enggak mau! Semuanya udah pewe.
Siapa juga yang mau dengan senang hati zona nyamanya di usik.
Siapa juga yang suka dengan sebuah perubahan, kondisi udah nyaman. Kita udah enak menjalani ibadah dengan rules sperti ini, jadwal pertemuan - pertemuan yang sperti ini kita udah cocok banget sama jadwal gw. Kenapa harus diubah??

Tapi satu hal yang gw percaya, kalo setiap perubahan VISI MISI yang Tuhan berikan semua pasti ada TUJUAN dan RENCANA Tuhan yang INDAH. Mungkin awalnya kita enggak ngerti dengan apa yang Tuhan rencanakan, tapi dengan berjalannya waktu cepat atau lambat Tuhan akan membuat kita mengerti dengan rencanaNya. DIA yang akan membantu memberi kekuatan kepada kita untuk dapat melihat bahwa janjiNya adalah NYATA!

Di awal - awal perubahan, Tuhan mengajarkan kami semua tentang MENANAM SAHAM
Apa maksud dari menanam saham ini?

Tahap pertama yang Tuhan ajarkan :

Menanam saham melalui doa, pujian dan penyembahan buat tempat dimana kita berdiri.
Contohnya kita mendoakan tempat dimana kita pelayanan supaya hadirat Tuhan yang begitu luar biasa bisa memenuhi seluruh ruangan dan menyentuh setiap hati.

Gue mau berbagi kisah sedikit, terkadang anak - anak Tuhan yang sudah menjadi pelayan Tuhan akan peka akan keadaan atmosfer tempat dimana dia beribadah. Itu juga yang terjadi pada diri gw beberapa bulan terakhir ini, tempat dimana gw pelayanan dan beribadah atmosfer nya tidak menentu. Terkadang hadirat Tuhan sangat kuat dan kadang hadirat Tuhan rasanya sepertinya tidak ada. Bagaimana perasaaan kalian kalo kalian yang ada disana?
Itu tempat kalian pelayanan, itu juga tempat kalian beribadah juga setiap minggu. Dan keadaannya menjadi seperti itu. SEDIH dan BERTANYA - TANYA mungkin itu udah pasti 'kenapa sperti ini Tuhan?'
Mungkin kita juga bertanya, 'Tuhan apa yang bisa aku lakukan? Kenapa seperti ini? 'aku enggak mau seperti ini, aku mau hadirat Tuhan pekat di tempat ini'
Ternyata jawaban Tuhan adalah hal yang simple, kawan. DIA menjawab seperti ini : " Apa yang kamu telah mengerti untuk mendatangkan hadiratKu? "
dan gue jawab : " doa meminta hadirat Tuhan untuk memenuhi tempat ini, mengibarkan panji - panjiMu, memuji dan menyembahMu,Tuhan " dan jawaban Tuhan : " lakukanlah hal apa yang telah kau mengerti "
Tuhan selalu mengajarkan kita terlebih dahulu tentang sesuatu hal untuk kita memberkati tempat lain atau sahabat kita. Dan setelah kita mengerti dan melakukannya, orang - orang yang berada di sekitar kita akan memahami akan hal itu. Segala sesuatu yang berasal daripadaNya diberikan kepada kita untuk memberkati orang lain.

Tahap kedua yang Tuhan ajarkan :

Menanam saham untuk membangun hubungan dengan orang lain.
Mungkin kita bertanya - tanya, " lho kenapa harus membangun hubungan?"
gw pernah dapet pengertian seperti ini dari gembala gw : dalam tahun - tahun sekarang ini, anak - anak muda hidup secara individualisme. Mereka punya sahabat, tapi apakah kalian tahu siapa sahabat mereka? sahabat mereka ya blackberry mereka, ipad, ipod mereka. Mereka enggak punya sahabat yang sesungguhnya atau jangan - jangan meski mereka kristen tapi mereka belum pernah merasakan kasih Tuhan itu sperti apa.

Oh ya, dan akhirnya saat itu pikiran gw mulai terbuka. Mereka memerlukan kasih Tuhan yang sungguh NYATA dalam hidup mereka. Kita yang udah sering dan banyak merasakan kasih Tuhan perlu membagikan kasih kita kepada mereka.kita enggak boleh egois, apa yang kita udah dapet dari Tuhan hrus kita bagiin buat orang laen. YA YA YA gw mengerti inilah waktunya buat kita menyebarkan kasih Tuhan kepada mereka.

Lalu bagaimana caranya???
Mulai membangun hubungan dengan acara nonton bareng, olahraga bareng ato cuma sekedar nongkrong bareng sambil makan. Keliatannya memang cupu, enggak asik ahh.. Mending gw pegi sama temen - temen gw sendiri aja daripada harus kenalan sama orang baru dan bangun hubungan sama mereka ( pikiran ini juga pernah muncul di otak gw koq) tapi ini adalah pikiran yang SALAH!
Acara mungkin memang cupu, biasa! biasa buanget ...
Tapi makna di balik acara itu, membangun sebuah hubungan dengan mereka yang memerlukan kasih Tuhan.
Membangun hubungan merupakan salah satu cara kita menanam benih kasih Tuhan di hati mereka.
Olahraga, nonton film ato makan - makannya cuma media buat ngajak mereka.
Bayangkan teman, jika 1 orang bertobat karena kita membangun hubungan dengan mereka sebagai sahabat mereka yang slalu mendengarkan keluh kesah mereka, memberi solusi akan masalah mereka dan mengenalkan Tuhan kepada mereka apa yang terjadi di surga, apa yang terjadi dengan Tuhan?
seisi surga akan bersorak - sorai dan Tuhan akan tersenyum melihat perbuatanmu.
WOHOOO.. betapa bahagianya surga melihat hasil pekerjaanmu.

Maka, janganlah lelah untuk terus menanam saham. Meski keadaan terlihat sangat sulit dan kau seperti berjalan sendiri. Tenanglah kawan, Tuhan tak akan membiarkan engkau berjalan sendiri, Dia yang akan menemanimu dan mengirimkan orang - orang untuk mendukungmu. Dan Tuhan akan tersenyum karna perbuatanmu..

God bless .. ^^





26 Jul 2011

That Word!

Pernah denger kalimat seperti ini " if you don't like dont JUDGE, just leave it ! "
kalo enggak pernah denger, kalian beruntung gw kasih tau.. hahhaha
kalo udah pernah denger, simpan baik - baik kalimat itu dan jangan pernah lupa!

kalimat itu SIMPLE.
Tapi kalimat itu susah buat dilakuin. Percaya ato gaq?
Coba aja kalian cek lagi ke dalam diri kalian masing - masing ..
ketika kalian disodorkan sesuatu hal (contohnya makanan, tulisan ato apapun itu )
apa reaksi kalian?
" ih.. makanannnya gaq enak "
" idih... tulisan loe koq jelek banget sih? kayak cacing begini modelnya"
" lho.. harusnya khan begini .. begini ... bla .. bla bla.. "

iya ato gaq? bener atau salah?
itu juga yang dulu terjadi dengan diri gw koq.
lebih melihat nilai negatif daripada nilai positifnya.
gampang banget buat manusia melihat sisi negatif.
karena bedasarkan penelitian kesehatan, manusia lebih mudah mengingat
yang negatif daripada yang positif.

Tapi coba lah temen - temen semua SADAR.
bagaimana jika kalian ada di posisi mereka yang membuatnya?
rasanya itu enggak enak banget lho! SAKIT! NYERI! dan mau MARAH !!
mereka udah berusaha dengan apa yang mereka bisa lakukan
meluangkan waktu ditengah kesibukan mereka.
mungkin buat melakukannya mereka sampai menangis dan memohon pertolongan Tuhan.

Tapi kita dengan gampang banget melontarkan kata - kata
" yah.. koq bgene.."
" kurang ini dunk.. gmana kalo ... "

salah kasih pendapat seperti itu?
ENGGAK! sekali lagi gw bilang enggak salah!
Tapi bukankah lebih baik kalo kita memuji terlebih dahulu hasil mereka
dan baru setelah itu menanyakan " boleh gaq saran?"
mungkin itu lebih baik dan TIDAK MENYINGGUNG perasaan mereka.

Please guys, inget baik - baik kalimat ini.
Gw udah banyak makan asam garam dalam masalah ini, sungguh rasanya enggak enak!
jangan lukai lagi hati sahabatmu.
kalo memang kamu enggak suka dengan hasilnya, ya sudah berikan senyum dan tinggalkan.
mungkin setelah 15 - 20 menit kamu bisa bertanya " boleh gw kasih saran?"
itu akan lebih menjaga perasaanya !
karena setiap orang mempunyai pandangan, ide kreatif dan cara berpikir nya masing - masing.
HARGAILAH itu. Terkadang mereka DIAM bukan berarti mereka BAIK - BAIK SAJA.
Namun mereka sedang MEMPERBAIKI HATINYA.

NOTES :
Thanks to SOMEONE yang pernah mengajarkan aku prinsip ini
" if you don't like dont JUDGE, just leave it !"
aku bahagia telah mengenalmu ...







15 Apr 2011

perempatan jalan

hari Jumat ..
apa yang identik dengan hari jumat?
awal dari weekend?
horeee... besok libur?
haduh.. lelah! pasti lebih macet?

hmmm.. tapi kayaknya...
di Jakarta kapan aja macet deh.. ^^

hari ini ..
ada sebuah pikiran yang berbeda
ketika lampu merah, biasanya gue hanya terdiam
dan ngeluh "aduh.. lama banget sih lampu merah"
" panas tau.. enggak tahu apa ini dah capek"
" asap motor dimana - mana.. tolongg donk!"

mungkin bukan cuma gue pengguna setia bajaj
yang ngeluh akan hal ini..
mungkin loe orang juga yah, apalagi yang bawa kendaraan pribadi
dan pengguna setia angkutan umum..
haduh.. macet lagi.. macet lagi

gue mulai berpikir..
andai 10% orang enggak nerobos lampu merah
kemacetan mungkin bisa berkurang 10 menit.

andai 20 % orang enggak parkir mobil sembarangan di pinggir jalan
kemacetan mungkin berkurang 20 menit

andai 30% orang, tahu tempat pemberhentian angkutan umum
kemacetan mungkin berkurang 30 menit

andai 40% orang sadar akan adanya jembatan penyebrangan
gue rasa kemacetan bisa berkurang 40 menit

andai 50 % orang sadar makna di balik setiap rambu - rambu
gw pastikan kemacetan bisa berkurang 50 menit

itu artinya ..
kemacetan bisa berkurang hampir 1 jam, dan itu karena apa?
kesadaran kita masing - masing khan?

Dan andai di atas 50% orang - orang menyadari bahwa pentingnya kesadaran diri mereka untuk menaati sebuah peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah, pasti akan membuat Jakarta lebih baik dari hari ini.

Mungkin banyak pendapat dari masyarakat luas..
" Indonesia udah bobrok, ya udah bobrok aja lahh! rusaknya udah terlalu parah ! percuma mau dibenerin kayak apa juga tetep aja bobrok !"

Ingatlah akan hal ini guys, usahakanlah kesejahteraan kota kemana kamu AKU buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada Tuhan sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu (Yeremia 29 : 7 ). Jadi andaikan kota Jakarta tidak sejahtera itu artinya kita pun tidak sejahtera. Lalu apa yang harus kita lakuin donk?

Pesan Tuhan buat kita yang tinggal di Indonesia jelas sekali di ayat itu, berdoalah bagi kesejahteraan bangsa kita. Kalau bukan kita penduduknya yang tinggal di Indonesia yang berdoa. terus siapa lagi yang akan berdoa bagi bangsa ini?
Orang Amerika? Orang Australia? Orang India?

Bangsa ini butuh kita guys..
Bangsa ini butuh doa - doa kita!
Bahkan dunia ini pun butuh doa kita!
Mungkin kelihatannya mustahil bagi kita bisa melihat perubahan di Indonesia
Tapi tidak ada yang mustahil bagi Allah kita, Dia bisa mengubah Indonesia dalam waktu satu hari. Syaratnya hanya satu : kita mau dipakai sebagai alatNya untuk berdoa bagi bangsa ini, maka Tuhan akan melakukan bagianNya untuk memulihkan Indonesia!

God bless..

14 Apr 2011

detik berganti menit ..
menit berganti jam..
jam berganti hari..

pagi berganti siang..
siang berganti malam..

waktu terus berjalan..
dan tidak akan pernah berhenti..
jika kau sudah melewatkannya..
dengan cara apapun kau tidak akan bisa memanggilnya kembali..

terkadang tanpa disari kita suka membuang waktu dengan percuma..
entah menyesal atau tidak, namun kita banyak melewatkan jam - jam bermakna dalam hidup..

yap! itu yang gue lagi alamin sekarang..
bagaikan uap yang terlihat lalu lenyapp..
fiuhhhh.. terus berjalan tanpa bisa menghentikan, mengembalikannya atau bahkan menghentikannya.. haiyyaaa, udah udah 4 hari lagi, gue bakal UTS..
tapi persiapan sungguh minimal skali..

hari - hari masih disibukkan dengan praktikum..
laporan ini itu..tugas sana sinii..
yang tida hentinya, sampe- sampe cuma punya sedikit waktu
buat bikin rangkuman ato review kuliah - kuliah sebelumnya..
apa jadinya iniii???

capek? jenuh?
betul sekali!! capek sekali menjalani hari - hari seperti ini..
putaran waktu bener- bener enggak berasa sama skali..

namun...
segala sesuatu di dapat bukan dengan mudah, semuanya butuh perjuangan.
banyak hal yang didapat dengan cara cepat namun pada akhirnya membahayakan kehidupan kita sendiri, sehingga kita enggak bisa menghargai yang namanya kerja keras, tetes keringat dan air mata. Syukurilah apa yang terjadi dalam hidupmu sekarang, karena setiap jerih lelahmu tidak akan sia - sia, Tuhan akan perhitungkan semua.

Dia bukan Tuhan yang tutup mata dengan apa yang telah kau lakukan untuk mengapai cita - citamu. Tetapi tetap setia untuk mengandalkan Tuhan dalam segala sesuatuNya, maka Ia akan melakukan hal yang diluar pikiranmu...

God bless..
hv a nice day :D